Kamis, 22 April 2010

Manajemen Bengkel Profesional

Pada 10 April 2010 lalu, saya diminta untuk memberikan materi dalam seminar yang diadakan PT. Kawan Lama cabang Pekanbaru. Untuk itu diberi tema "Manajemen Bengkel Profesional".
Pada intinya profesionalisme suatu usaha lebih afdol jika diukur dari pihak customer, alias customerlah yang menilai apakah usaha kita profesional atau tidak. Indikasi itu dapat dilihat dari customer satisfaction level yang dicapai, misal dari tingkat komplain dan pujian dari customer. Selain itu untuk mencapai customer satisfaction dibutuhkan standard kualitas dari usaha kita.
Untuk itulah dua faktor itu selanjutnya mendasari sistem manajerial yang perlu dilakukan. Sistem manajerial sendiri bisa kita lakukan dari pola PDCA, Planning-Do-Control-Action. Dimana faktor untuk menuju customer satisfaction dipilih Conformity dan Reliability.
Untuk mendapatkan materinya, silahkan email ke arfan.hermawan@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar